Liburan ke Luar Negeri On Budget? Ini Tipsnya!

https://i0.wp.com/lifetippergr.com/wp-content/uploads/2019/01/adult-book-business-297755.jpg?resize=1360%2C765&ssl=1

Liburan ke luar negeri kayaknya udah jadi mimpi banyak orang, deh. Selain bisa melihat keberagaman dunia, liburan ke luar negeri juga bisa jadi pengalaman unik yang berkesan. Tapi, buat ke luar negeri, tentu ongkosnya enggak murah.

Eits, tapi tenang aja. Lo bisa, kok, liburan ke luar negeri dengan bujet yang minim. Caranya bisa lo lihat di tulisan ini.

Pilih yang dekat dan bebas visa

Baru pertama kali ke luar negeri? Maka lo wajib pilih negara tetangga dulu sebagai destinasi pilihan lo. Selain karena bebas visa (sesama negara ASEAN punya kebijakan visa gratis) alias lo enggak perlu keluar biaya tambahan buat visa, lo juga enggak perlu terkendala sama bahasa dan budaya. Yap, negara-negara ASEAN kayak Singapura, Malaysia, atau Thailand emang punya budaya yang enggak asing dan masih bisa berterima bagi orang Indonesia. Budaya ini termasuk juga urusan kuliner, ya. Street food di negara-negara tersebut tentunya masih bisa berterima di lidah lo.

Karena dekat, harga tiket pesawat negara-negara ASEAN juga jauh lebih murah. Bahkan, enggak jarang maskapai dari negara yang bersangkutan kasih promo tiket murah yang lebih murah sampai setengah harga! Lumayan banget, kan? Udah gitu, kalau lo pilih liburan ke Vietnam yang nilai mata uangnya jauh lebih murah, lo tentu bisa hemat banyak banget.

Jangan pernah liburan saat peak season

Yap, baik di Indonesia maupun di luar negeri, peak season tetap menjadi momok buat para pelancong irit. Soalnya, harga hotel dan tiket pesawatnya bisa dipastikan jauh lebih mahal. Bahkan, tiket promo pun biasanya juga enggak berlaku buat hari libur atau peak season, loh. Makanya, pilih tanggal yang tepat, ya, supaya lo enggak keluar biaya berlebihan buat tiket pesawat dan akomodasi.

Booking maskapai LCC di online travel agent

Maskapai dengan titel LCC alias low cost carrier emang punya harga tiket yang lebih murah daripada maskapai premium. Namun, lo bakal bisa lebih hemat bujet kalau lo pesan tiket maskapai LCC di online travel agent. Soalnya, biasanya online travel agent punya banyak promo tambahan, apalagi kalau lo juga punya kartu kredit. Promo kartu kredit buat beli tiket pesawat bisa gila-gilaan banget.

Manfaatkan promo hotel

Selain buat pesan tiket pesawat, lo juga bisa incar promo hotel buat dapetin akomodasi dengan harga termurah. Lo bisa pesan dari online travel agent atau pilih hotel dengan sistem BnB yang nyediain penginapan dan sarapan. Lo bisa share cost sama tamu lainnya kalau menginap di hotel BnB ini. Kalau emang kepepet banget, lo bisa pilih hostel tipe dormitori.

Tapi, murah aja juga belum cukup. Lo perlu pertimbangkan juga, apakah harga yang paling murah itu udah termasuk sarapan? Kalau Cuma beda beberapa dolar aja, lebih baik sekalian yang sama sarapan aja soalnya lo jadi irit biaya sarapan. Lo juga perlu pertimbangkan lokasinya karena kalau lokasinya jauh dari tempat wisata, bisa-bisa betis lo bakal berkonde karena selalu jalan jauh buat mencapai hostel tersebut.

Lo juga perlu cek kualitas hotel yang bakal lo sewa, ya. Caranya gampang, lo cukup lihat review yang udah beredar di internet aja buat nentuin pilihan lo. Dan kalau lo pesan dari jauh-jauh hari sekalligus menghindari peak season, lo bisa dapetin promo hotel dengan harga terbaik.

Selalu gunakan transportasi publik

Beda sama di Indonesia, di negara lain kayak Singapura, Malaysia, sampai Jepang, transportasi publik bisa diandalkan. Harganya pun bikin lo enggak perllu menguras kantong. Selain itu, negara kayak Jepang juga udah punya kartu transportasi sendiri yang bisa lo beli buat perjalanan sampai berminggu-minggu. Tapi, sebelum menggunakan transportasi publik, lo perlu hafalkan dulu rute-rutenya supaya bisa lo pertimbangkan juga dalam itinerari lo.

Selain itu, lo juga perlu pertimbangkan waktu operasionalnya. Jangan sampai karena keasyikan mengeksplorasi tempat wisata tertentu, lo ketinggalan bus atau kereta terakhir dan akhirnya harus pakai taksi. Kalau udah kayak gitu, tadinya mau hemat, malah jadi sesat! Kalau ada jasa taksi online, lo bisa pertimbangkan menggunakannya sesekali saat benar-benar dibutuhkan, daripada harus pakai taksi yang biayanya belum jelas dan bisa jadi harganya dipatok mahal.

Kunjungi tempat wisata yang murah sampai gratis

Buat berkunjung ke negara lain, ongkos yang lo keluarkan emang enggak sedikit. Belum lagi persoalan mata uang yang lebih mahal nilainya daripada rupiah. Kalau lo ke negara yang nilai mata uangnya lebih tinggi daripada rupiah, lo perlu pilih-pilih tempat wisata yang wajib lo kunjungi. Di berbagai negara, pasti ada aja, kok, tempat wisata yang gratis atau punya harga tiket masuk yang lumayan terjangkau.

Nah, buat dapetin berbagai informasinya, lo perlu riset terlebih dahulu. Sekarang enggak sulit, kok, cari informasi tempat wisata gratis di berbagai negara. Bahkan, lokasi wisata yang ikonis di berbagai udah pasti bisa lo kunjungi tanpa tiket masuk. Ke Singapura, misalnya, lo bisa nikmatin pertunjukan Wonderfull Light dan Water Show di Marina Bay Sands secara gratis. Berfoto di depan danau dengan latar Marina Bay Sands juga selalu jadi andalan. Atau, kalau lo enggak sanggup mengeluarkan uang buat tiket masuk Universal Studio Singapore, minimal foto di halaman depannya juga gratis, kok.

Kalau ke Malaysia, berfoto di depan Petronas Twin Tower di Kuala Lumpur bisa jadi pilihan. Atau saat ini juga ada street art yang bisa jadi lokasi foto kece dan tentunya gratis di Penang Street. Kalau mau seru-seruan jelajah kuliner khas yang harganya kaki lima, lo bisa ke Alor Street dan kawasan Bukit Bintang. Ke Chinatown atau Little India juga bisa jadi pilihan wisata yang seru dan enggak menguras kantong. Foto-foto kece didapat, dompet pun aman.

Jelajah satu kawasan sampai puas

Sesungguhnya yang bikin bujet lo bisa meledak kadang adalah traveling ke tempat yang jauh di negara tersebut. Misalnya di Jepang, lo enggak bisa ke Tokyo dan Kyoto sekaligus tanpa bayar lebih mahal daripada saat lo cuma stay di Kyoto atau Tokyo. Soalnya, kalau lo serakah dan pilih dua kota sekaligus, lo bakal keluar biaya lebih buat transportasi, apalagi kalau jarak satu kota ke kota lain cukup jauh, dan tentunya biaya penginapan. Harga hotel bakal lebih murah kalau lo menginap dalam jangka waktu yang panjang, daripada lo pindah-pindah dalam waktu beberapa hari sekali.

Kalau lo berdiam di satu kawasan aja, lo juga bisa menjelajah kawasan itu sampai puas. Makanya, sebelum milih negara dan kota tujuan, sebaiknya, lo riset terlebih dahulu supaya liburan lo di kawasan itu bisa lebih maksimal. Kalau udah riset, lo bisa pilih negara dan kota mana yang emang mau lo jelajahi di liburan selanjutnya.

Abaikan dorongan beli oleh-oleh

Emang, sih, yang namanya ke luar negeri itu enggak lengkap kalau enggak beli oleh-oleh. Padahal, biaya buat oleh-oleh juga bisa bikin bujet lo membengkak, apalagi kalau lo beliin oleh-oleh buat rekan-rekan sekantor. Pasti enggak bakal cukup beli 10 macam oleh-oleh, kan? Makanya, lo harus abaikan dorongan buat beli oleh-oleh di negara yang lo kunjungi, kecuali tentunya buat keluarga dan diri lo sendiri. Kalau buat teman-teman, apalagi yang enggak dekat sama lo, kayaknya bisa lo skip aja, deh.

Perlu diingat juga, terlalu banyak belanja oleh-oleh juga sebetulnya bisa bikin ongkos bagasi lo tambah mahal. Kecuali lo emang buka jasa titip dan mengambil biaya tambahan dari jasa tersebut, itu malah bisa bikin lo hemat. Tapi, kalau cuma titipan oleh-oleh yang gratis, baiknya lo tolak mentah-mentah saat itu juga, deh. Pikirin lagi, emang mereka mau bayarin bagasi lo?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>